Kamis, 21 November 2019

Syarat Ikut Investasi Peer To Peer yang Belum Banyak Diketahui


Syarat Ikut Investasi Peer To Peer yang Belum Banyak Diketahui

Saat ini banyak sekali investasi online yang tengah berkembang di Indonesia salah satunya adalah peer to peer lending. Peer to peer lending sendiri adalah sebuah platform yang menghubungkan investor atau pemberi pinjaman dengan peminjam. Investasi ini kini banyak menarik peminat. Mungkin Anda bertanya apa syarat yang harus dipenuhi untuk ikut bergabung dalam bisnis ini. Berikut adalah syarat bagi Anda yang hendak ikut bisnis peer to peer ini.

Syarat Bagi Pendana Atau Investor

Jika Anda memang tertarik untuk memulai investasi dengan menjadi investor atau pemberi pinjaman, maka ketauhilah syarat yang harus Anda penuhi.

·         Anda merupakan seorang Warga Negara Indonesia.
Syarat dari calon investor bisnis online peer to peer lending adalah warga negara Indonesia karena peer to peer lending memang dibuat dan ditujukan untuk masyarakat Indonesia sehingga persyaratan awal dari bisnis ini adalah diharuskan berwarga negara Indonesia

·         Anda berusia minimal 21 tahun.
Bisnis ini selain memiliki keuntungan juga memiliki resiko oleh karena itu usia 21 tahun yang dianggap sebagai usia dewasa dianggap mampu untuk lebih mengerti mengenai bagaimana bisnis dari peer to peer ini, cara mengelolanya, serta paham resiko yang bisa terjadi saat mengikuti investasi ini, sehingga batas minimum yang ditetapkan untuk calon investor adalah 21 tahun.

·         Anda Sudah bekerja.
Syarat selanjutnya bagi Anda yang berniat menjadi investor adalah Anda wajib telah bekerja atau memiliki pekerjaan. Hal ini dikarenakan karena pendana atau investor sudah pasti membutuhkan dana atau memiliki modal yang nantinya modal tersebut akan di pinjamkan kepada peminjam, oleh sebagai itu memiliki pekerjaan menjadi syarat penting jika seorang investor tidak memiliki pekerjaan maka akan diragukan kemampuan memenuhi modal untuk investasi.

·         Anda harus memiliki sumber pendapatan yang jelas serta pasti.
Syarat ini berguna untuk mencegah kebingungan bila Anda ingin berinvestasi namun Anda tidak memiliki penghasilan yang jelas, jika Anda memiliki penghasilan yang pasti, investasi Anda akan lebih lancar.

Syarat Bagi Peminjam Dalam Sistem Peer To Peer Lending
Persyaratan bagi peminjam tidak terlalu jauh berbeda, namun lebih selektif, karena peer to peer lending menjamin keamanan investasi yang akan dilakukan para investor serta mencegah terjadinya penipuan bahkan meminimalisir berbagai resiko. Berikut syarat lengkap bagi Anda yang berniat untuk menjadi peminjam dalam investasi p2p ini.

·         Anda adalah seorang Warga Negara Indonesia.
Syarat peminjam dalam peer to peer adalah seorang warga negara Indonesia, dan syarat ini berlaku mutlak. Anda juga perlu menyiapkan berbagai berkas atau dokumen baik dokumen pribadi maupun dokumen aset. Beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan diantaranya: kartu tanda penduduk (ktp), kartu keluarga (kk) atau dokumen lain seperti akta nikah serta kepemilikan jaminan ini berfungsi untuk jaga-jaga bila Anda sebagai peminjam tidak dapat mengembalikan dana investasi.

·         Informasi tambahan.
Anda juga harus mencantumkan berbagai informasi tambahan seperti usia dimana batas minimal usia 21 tahun sedangkan batas maksimal usia 65 tahun dengan syarat memiliki penghasilan sendiri. jika syarat-syarat tersebut telah dipenuhi maka Anda baru bisa melakukan pengajuan sebagai peminta pinjaman di investasi peer to peer yang investasi ini menggunakan sistem online.

Secara keseluruhan untuk syarat pendaftaran mudah dilakukan tanpa proses yang memakan waktu lama, cukup mudah, jika Anda peminjam dokumen yang Anda serahkan cukup banyak dibanding dengan investor.

0 komentar:

Posting Komentar