Kamis, 17 Mei 2018

Siapkan Hal Ini Sebelum Kelairan Sang Buah Hati

Siapkan Hal Ini Sebelum Kelairan Sang Buah Hati

Waktu kelahiran bayi merupakan saat paling dinanti. Dalam fase in,i Anda dan pasangan biasanya jadi lebih rajin mengecek kandungan secara rutin serta mulai mempersiapkan diri dan juga mental. Namun ingat, meyambut kehadiran si buah hati di tengah-tengah keluarga bukan hanya soal menyiapkan kondisi fisik dan mental saja, tapi juga harus memperhatikan aspek penting lainnya.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan di rumah menjelang kelahiran bayi? Ini dia.

Bersihkan seluruh ruangan

Bayi yang baru lahir tentu amat rentan terhadap lingkungan dan membutuhkan udara yang bersih dan nyaman. Bukan hanya bayi, calon ibu pun membutuhkan udara bersih jelang proses persalinan dan juga setelahnya.

Koordinasikan dengan suami atau keluarga, minta bantuan mereka untuk selalu menjaga kebersihan rumah agar bebas dari debu dan kuman penyakit. Ingat, kesehatan ibu dan buah hati adalah yang utama.

Buat suasana rumah menjadi ramah untuk si kecil

Meskipun bayi yang belum lahir belum terlalu banyak beraktivitas, tetapi Anda perlu mempersiapkan keamanannya di rumah sejak kehamilan memasuki trimester tiga.

Salah satu contoh peralatan keamanan untuk bayi adalah penggunaan pagar di area tangga jika rumah Anda bertingkat, pengaman di bagian ujung perabotan yang tajam, dan penutup colokan listrik. Perhatikan juga penyimpanan alat pembersih yang mengandung bahan kimia dari tempat-tempat yang terjangkau dari si kecil.

Persiapkan tempat khusus untuk mengganti baju atau popok

Jika di rumah tidak ada lagi ruang lebih untuk membuat kamar bayi, jangan khawatir karena Anda hanya cukup menata ulang peletakkan barang dan furniture serta fungsi ruang. Pertimbangkan di mana Anda akan mengganti baju atau popok si kecil nantinya, apakah cukup di tempat tidur atau perlu menggunakan babytaffel.

Rencana jangka panjang, siapkan sekalian ruang bermain yang memungkinkan anak untuk belajar merangkak dan melakukan aktivitas lainnya. Suasana ruangan yang baru juga efektif membawa mood Anda ke arah lebih baik yang akan berubah-ubah setelah kelahiran.

Bersihkan freezer lemari es untuk menyimpan ASI

Salah satu yang sering tertinggal dipikirkan ketika menunggu waktu kelahiran adalah menyiapkan ruangan di bagian freezer lemari es. Apabila Anda berencana untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) selama dua tahun penuh, Anda akan membutuhkan space di lemari es tersebut untuk menyimpan ASI Perah (ASIP). Sebaiknya dan harus dipastikan agar  ASI yang disimpan di dalam lemari es tidak tercampur dengan bahan makanan yang Anda simpan di dalam freezer.

Belanja kebutuhan rumah tangga dan si kecil

Sambil menunggu waktu kelahiran Anda bisa mengisinya dengan berbelanja keperluan rumah tangga dan perlengkapan bayi di rumah. Hal ini terbilang cukup penting karena pasca kelahiran biasanya Anda membutuhkan untuk beristirahat dan juga memulihkan diri di rumah. Tentu saja hal ini membuat waktu untuk membeli keperluan seperti bahan makanan atau toilettries akan sedikit sulit.

Beruntung,kemajuan teknologi dan perkembangan e-commerce membuat Anda bisa belanja dengan semakin mudah. Ya, sekarang semua perlengkapan ibu dan anak bisa Anda beli di e-commerce, seperti LAZADA.Buat daftar barang belanjaannya terlebih dahulu dan belanjanya bisa dari tempat tidur lewat smartphone atau laptop sambil Anda beristirahat.

0 komentar:

Posting Komentar